Analysis of Individual Characteristics of Employee’s Performance at Regional Hospital dr. Soebandi Jember on the Case of BPJS Inpatient Pending Claim

Demiawan Rachmatta Putro Mudiono(1*), Atma Deharja(2), Erna Selviyanti(3), Widha Alamanda(4)
(1) Politeknik Negeri Jember (PNJ)
(2) Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan, Jurusan Kesehatan, Politeknik Negeri Jember
(3) Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan, Jurusan Kesehatan, Politeknik Negeri Jember
(4) Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan, Jurusan Kesehatan, Politeknik Negeri Jember
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30604/jika.v8i1.1533

Abstract

JKN program is mandatory social health insurance for all Indonesian citizens. JKN claims are submitted every month by the hospital to reimburse the service fee that has been provided to its participants. Pending claims occur because the submitted claims still get confirmation from the Social Security Administrator for Health. In March–May 2021, 234 pending claims were found out of 1934 total submitted inpatient claims by RSD dr. Soebandi Jember. This incident cannot be separated from the performance of claim officers. According to Gibson's theory, performance could be influenced by individual variables. The purpose of this study is to analyze the determinants of inpatient pending claims based on individual characteristics. This research a qualitative using depth interviews, observation, and documentation. The result shows pending claims caused by an unmatched ability of coders and physicians in charge of the patients, the implementation of internal verification has not been maximized and different perceptions regarding claims regulation between coders and BPJS verifiers. To solve the problem, an in-charge officer for the completeness of medical records in each inpatient room is needed, implement one-stop administration system, increase the understanding and accuracy of coder, and communicating with BPJS to equalize claims regulation perceptions.

 

Abstrak: Program JKN merupakan asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib bagi seluruh penduduk Indonesia. Klaim JKN ditagihkan setiap bulan oleh rumah sakit untuk mendapatkan pergantian biaya atas pelayanan yang telah diberikan kepada pesertanya. Pending klaim terjadi akibat klaim yang telah diajukan masih mendapat konfirmasi dari BPJS Kesehatan. Jumlah pending klaim rawat inap RSD dr. Soebandi Jember pada bulan Maret-Mei 2021 ditemukan sebanyak 234 klaim (12,23%) dari total pengajuan 1914 berkas. Kejadian pending tidak terlepas dari kinerja pegawai yang terlibat dalam pengajuan klaim. Kinerja menurut teori Gibson dapat dipengaruhi oleh variabel individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan kejadian pending klaim BPJS rawat inap berdasarkan variabel karakteristik individu. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian determinan pending klaim rawat inap disebabkan adanya ketidaksesuaian kemampuan dan keterampilan petugas koding dan DPJP, pelaksanaan verifikasi internal belum maksimal, dan terdapat perbedaan persepsi terkait regulasi klaim antara koder dengan verifikator BPJS. Upaya perbaikan masalah tersebut yaitu perlunya penanggung jawab kelengkapan kuantitas pengisian rekam medis di setiap ruang rawat inap, penerapan sistem one stop administration, peningkatan pemahaman dan ketelitian petugas koding, melakukan komunikasi dengan BPJS untuk menyamakan persepsi regulasi klaim.

Keywords


Health BPJS; Pending claim; Inpatient; Performance; Individual Characteristic

References


Baltussen, R., Jansen, M. P., Bijlmakers, L., Tromp, N., Yamin, A. E., & Norheim, O. F. (2017). Progressive realization of universal health coverage: What are the required processes and evidence? BMJ Global Health, 2(3). doi:http://dx.doi.org/10.1136/bmjgh-2017-000342

Bappenas. (2019). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 : Indonesia Berpenghasilan Menengah-Tinggi Yang Sejahtera, Adil Dan Berkesinambungan.

BPJS Kesehatan. (2014). Petunjuk Teknis Verifikasi Klaim. Jakarta.

Gibson, Ivancevich, & Donnelly. (1985). Organisasi : Perilaku, Struktur, Proses (Jilid 1). Jakarta : Erlangga.

Harnanti, E. A. (2018). Analisis Keterlambatan Pengajuan Klaim BPJS di Rumah Sakit UNS [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. Retrieve from : http://eprints.ums.ac.id/69250/

Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara.

Indawati, L. (2019). Analisis Akurasi Koding Pada Pengembalian Klaim BPJS Rawat Inap Di RSUP Fatmawati Tahun 2016. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 7(2). doi : https://doi.org/10.33560/jmiki.v7i2.230

Kementerian Kesehatan RI. (2014a). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. (2014b). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. (2021). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 26 Tahun 2021 tentang Pedoman Indonesian Case Based Groups (INA-CBG) dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.

Kusumawati, A. N., & Pujiyanto. (2020). Faktor – Faktor Penyebab Pending Klaim Rawat Inap di RSUD Koja tahun 2018. Cermin Dunai Kedokteran (CDK) - 282, 47(1), 25–28.

Manabung, A. R., Suoth, L. F., & Warouw, F. (2018). Hubungan Antara Masa Kerja dan Beban Kerja Dengan Stres Kerja pada Tenaga Kerja Di PT. Pertamina TBBM Bitung. Kesmas, 7(5), 1–10.

Maryani, W. (2016). Hubungan Ketepatan Penulisan Diagnosis Dengan Keakuratan Kode Diagnosis Kasus Obstetri di RS PKU Muhammadiyah Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 6(2), 1–7.

Megawati, L., & Pratiwi, R. D. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Pengembalian Berkas Persyaratan Klaim BPJS Pasien Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(1), 36. doi : https://doi.org/10.22146/jkesvo.27476

Nikmah, U., Putri, L., & Shintia, B. (2021). Tinjauan keterlambatan Pengajuan Klaim Pelayanan Rawat Inap Pasien BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Dan Doa Kata Bengkulu Periode Januari-Maret Tahun 2021. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 24(2), 168.

Nuraini, N., Wijayanti, R. A., Putri, F., Alfiansyah, G., Deharja, A., & Santi, M. W. (2019). Optimalisasi Manajemen Penanganan Klaim Pending Pasien BPJS Rawat Inap Di Rumah Sakit Citra Husada Jember. Jurnal Kesmas Indonesia, 11(1), 24–35.
doi : https://doi.org/10.20884/1.ki.2019.11.1.1314

Priansa, D. J. (2018). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Alfabeta, Bandung.

Republik Indonesia. (2011). Undang-Undang Republik Indonesia No.24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (pp. 1–68). Jakarta.

Saputra, F. (2018). Tinjauan Produktivitas Tenaga Kerja Ditinjau dari Karakteristik Petugas Rekam Medis di Bagian Rekam Medis RSUD Temanggung Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018. In Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Retrieve from : http://repository.unjaya.ac.id/2991/

Sulaimana, A., Meliala, A., & Hendrartini, J. (2019). Pengembalian Berkas Klaim Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 22(01), 1–10. Retrieve from : https://jurnal.ugm.ac.id/v3/JMPK/article/view/4471

Susanto, B. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Pending Klaim Rawat Inap BPJS Kesehatan Di Tinjau Dari Aspek Verifikasi Di RSIA Ummu Hani Purbalingga [Poltekkes Kemenkes Semarang]. Retrieve from : https://repository.poltekkes-smg.ac.id/index.php?p=show_detail&id=24090&keywords=

Syaadah, S. (2017). Faktor Penyebab Pengembalian Berkas Klaim BPJS Rawat Inap oleh Verifikator BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Genteng Banyuwangi. [Politeknik Negeri Jember]. Retrieve from : https://e-library.polije.ac.id/index.php?p=show_detail&id=23953

Viatiningsih, W. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Petugas Terhadap Keterlambatan Klaim Biaya Rawat Inap Pasien BPJS Kesehatan di Rumah Sakit X Tahun 2018. 6(2), 75–80.

Widyaningrum, L. (2015). Ketepatan Reseleksi Diagnosa Dan Kode Utama Berdasarkan Aturan Morbiditas Pembiayaanjaminan Kesehatan Ina-Cbgs. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 3(2), 27–31. doi : https://doi.org/10.33560/.v3i2.81

Winarti, W., & Sukmawati, T. D. (2022). Gambaran sistem pengajuan klaim pasien rawat inap BPJS Kesehatan di RSUD X Kabupaten Bandung. Jurnal Teras Kesehatan, 4(2), 63–72.


Article Statistic

Abstract view : 205 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 117 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.